Kumpulan Info Modem & Paket Internet Terbaru

Smartfren Perluas Jaringan Di Indonesia Timur, Langsung 4G LTE TDD

Situs-Modem.Com – Tiga operator GSM yakni Telkomsel, XL, dan Indosat telah resmi mengkomersilkan jaringan 4G pada bulan Desember 2014 lalu. Kini giliran Smartfren sebagai salah satu operator seluler yang berbasis CDMA juga akan mengkomersilkan jaringan 4G.

Smartfren akan memperluas jaringannya di Indonesia Timur,langsung menggunakan layanan 4G LTE TDD, mengingat layanan data disana khususnya Ambon dan Papua cukup besar sekali. Namun sayangnya belum ditunjang secara optimal oleh penyedia layanan. Mengingat biaya operasional yang tidak sedikit.

Rencananya Smartfren akan membangun sekitar 30 BTS (Base Transceiver Station) di Papua dan 40 BTS di Ambon, serta 50 BTS di Kendari, Sulawesi. Pembangunan BTS tersebut akan langsung dibangun jaringan 4G LTE TDD menggunakan frekuensi 2300 GHz. Setelah pemerintah melakukan penataan ulang di frekuensi 1900 MHz, dan menggusur Smartfren yang selama ini memakai frekuensi tersebut. Dan sebagai komponsasi Smartfren diberikan izin menggunakan frekuensi 2300 GHz dengan jatah sebesar 30 Mhz.

Baca juga Koneksi Smartfren Lemot Apa Karena Ini Ya ?

Sebenarnya Smartfren juga punya jatah difrekuensi 800 Mhz yang selama ini dijalankan untuk memenuhi pelanggan CDMA. Setelah berkolaborasi dengan Bakrie Telecom kini memiliki jatah sebesar 10 Mhz. Dan rencananya juga akan dikembangkan teknologi 4G LTE FDD. Namun baru rencana, dan Smartfren baru fokus untuk pengembangan jaringan 4G TDD di frekuensi 2300 GHz.

Kapan peresmiannya ?

Menurut sumber yang admin kutip dari web portal Tribun-Timur.com kabarnya layanan internet berbasis 4G LTE TDD akan dikomersilkan secara resmi pada bulan April 2015. Kita tunggu saja gebrakan apa yang akan dilakukan oleh Smartfren. Jangan lupa baca juga Inilah Jangkauan Sinyal Esia Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *