Kumpulan Info Modem & Paket Internet Terbaru

Proyek Balon Internet Google yang Tak Kunjung Terbang di Indonesia, Apa yang Sebenarnya Terjadi ?


Situs-Modem.Com – Sempat booming di tahun 2015, dimana 3 operator telekomunikasi besar Indonesia yakni Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredoo telah menandatangi kerjasama dengan Google untuk proyek Balon Internet Google yang akan menjadi solusi pemerataan akses internet di seluruh Indonesia terutama di daerah-daerah pelosok.

Proyek Balon Internet Google yang Tak Kunjung Terbang di Indonesia, Apa yang Sebenarnya Terjadi ?

Kabarnya, proyek balon internet Google ini terkesan mandek. Proyek yang digadang-gadang akan terbang di langit Indonesia tahun 2016 hingga kini belum ada tanda-tanda sama sekali. Apalagi terdengar kabar bahwa pemimpin proyek balon internet google tersebut telah hengkang.

Baca juga : Awal 2016 Telkomsel, Indosat dan XL Uji Coba Balon Google – Demi Pemerataan Akses Internet hingga Pelosok

Pemimpin yang hengkang tersebut bernama Tom Moore yang menjadi CEO Project Loon yang baru menjabat hanya dalam waktu 6 bulan sudah hengkang. Padahal X (dulunya Google X) yang membawahi project Loon menaruh harapan besar pada Moore untuk membantuk bisnis perusahaan mengekspansi balon internetnya ke seluruh dunia, tak sekadar eksperimen.

Sebagai pengganti Toom Moore, Alphabet selalu induk X telah menunjuk pemimpin baru yang akan ditugasi menangani Project Loon, Alastair Westgarth.  Dipilihnya Westgarth karena sudah berpengalaman di dunia telekomunikasi dan merupakan CEO dari perusaahaan antenna nirkabel bernama Quintel.

Baca juga : Cara Memperkuat Sinyal Modem Agar Internet Makin Cepat

Alphabet sangat mengharapkan Project Loon yang dibawahi oleh  Alastair Westgarth dapat benar-benar segera mewujudkan pengembangan Project Loon agar dapat segera dinikmati jutaan atau miliaran orang agar terkoneksi internet.

Seperti diketahui, bahwasannya project ambisius Google ini merupakan project inovasi terbaru dalam menyebarkan akses internet di seluruh wilayah terutama di wilayah yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi yang disebarkan melalui Base Tranceiver Station (BTS). Sistem kerja dari Project Loon ini hampir sama dengan BTS,bahkan bisa dikatakan dapat menggantikan fungsi BTS yang selama ini digunakan oleh operator seluler di seluruh dunia untuk menyebarkan internet. Project Loon ini akan menyebarkan akses internet melalui udara dengan ketinggian tertentu.

Baca juga : Inilah Cara Kerja Balon Google Sebarkan Internet ke Daerah Pelosok

Di Indonesia, 3 operator seluler yang telah melakukan penandatanganan Project Loon ini agar secepatnya dapat direalisasikan agar pemerataan akses internet di Indonesia dapat segera diwujudkan.

Dilansir dari detik.com bahwa mengenai masalah perizinan untuk proyek balon internet ini sebenarnya belum selesai, namun dari saya sudah Ok. Ujar Menkominfo Rudiantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *