Ketahui Alasan Tarif Internet Telkomsel Mahal

Situs-Modem.Com – Pernah Anda berpikir kok tarif internet Telkomsel sangat mahal sekali ? ya kali ini admin akan sedikit mengulas apa penyebab tarif internet telkomsel semakin mahal.

Seperti kita ketahui bahwa Telkomsel menghadirkan paket data (internet) baik di kartu Simpati, AS, dan Loop menerapkan sistem zona, zona tersebut terbagi menjadi 12 zona yang mewakili tiap daerah. Semakin jauh daerahnya maka tarifnya akan semakin mahal. Sebagai contoh untuk zona 12 yang dihuni oleh Kota Raja Ampat, dan Papua paket internetnya dipatok paling mahal sendiri.

Alasan Telkomsel Menerapkan Sistem Zona

Dalam menentukan tarif internetnya, Telkomsel berpatokan pada brand positioning dan biaya operasionalnya. Penerapan zona ini akan menyebabkan perbedaan harga tiap zona. Semakin jauh zonanya maka akan semakin mahal harga paket data yang ditawarkan. Sebagai contoh untuk paket Simpati Flash di zona 12 untuk kuota 2 GB dikenai tarif Rp 120 ribu.

Alasan mengapa paket datanya tergolong mahal ? Telkomsel mengaku dari total 137 juta pelanggannya hanya 30 % saja yang menggunakan layanan data. Kebanyakan pelanggan datanya menggunakan Smartphone di Jaringan 3G.

Perbandingan Tarif Internet Telkomsel VS Operator lain

Begitu mahalnya tarif yang diterapkan Telkomsel, mari kita bandingkan dengan operator lain yang juga memiliki jangkauan sinyal yang lumayan luas di Indonesia. Misalnya saja XL dengan hanya mengeluarkan biaya Rp 49 ribu bisa mendapatkan kuota 2 GB. Tarif ini berlaku diseluruh Indonesia yang tercover jaringan XL.

Mahalnya tarif internet Telkomsel, Dirut Telkomsel Ririek Ardiansyah mengaku bahwa tarif didasarkan atas aturan dan kebutuhan tiap wilayah serta biaya operasionalnya. Jadi semakin jauh wilayah zonanya maka biaya operasionalnya akan semakin membengkak ditambah pengguna internet yang ada di wilayah yang jauh penggunanya tidak terlalu banyak dan lebih mengandalkan layanan Call dan SMS.

Nah, Anda sudah tahukan kenapa tarif internet Telkomsel mahal. Jadi, yang bisa kita lakukan ya hanya bisa pasrah saja. Semoga saja Telkomsel mau menerapkan harga sama di seluruh Indonesia, seperti dilansir dari situs cnnindonesia.com bahwa Telkomsel di tahun 2014 memperoleh laba bersih 19,4 Triliun. Masak sudah untung seperti itu tidak mau nurunin tarif paketnya ? Jangan lupa baca juga Penjelasan Paket Telkomsel Loop Terbaru Dan Cara Daftarnya

42 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *