Kumpulan Info Modem & Paket Internet Terbaru

Ampuh !!! Inilah Cara Menstabilkan Sinyal 4G pada Android untuk Semua Operator

Situs-Modem.Com – Halo pembaca setia blog situs-modem.com, sebelum kepembahasan artikel kali ini, admin ingin mengucapkan beribu maaf karena sudah lama tidak memberikan artikel-artikel terbaru di blog ini. Di tahun 2018 ini, semoga admin bisa memberikan konten-konten menarik seperti dulu, sehingga para pembaca bisa  mendapatkan informasi maupun solusi yang dialami selama menggunakan internet.

Ampuh !!! Inilah Cara Menstabilkan Sinyal 4G pada Android untuk Semua Operator
Ampuh !!! Inilah Cara Menstabilkan Sinyal 4G pada Android untuk Semua Operator

Oke, pembahasan kali ini mengenai tips menstabilkan sinyal 4G pada android untuk semua operator. Seperti kita ketahui bersama bahwa era internet saat ini telah beralih menggunakan jaringan 4G LTE. Teknologi jaringan ini mampu mentransfer kecepatan download dan upload super cepat. Teknologi ini merupakan pengembangan dari jaringan sebelumnya yakni 2G dan 3G. Meskipun operator seluler tanah air kini sepenuhnya menggunakan jaringan 4G LTE, tidak mematikan jaringan 2G maupun 3G. Hal ini dikarenakan belum semua wilayah di Indonesia mendapatkan sinyal 4G LTE secara optimal.

Baca juga : Smartfren Pastikan Layanan CDMA akan Mati Total Desember 2017

Operator seluler terus mengenjot perluasan jaringan 4G LTE agar dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia baik itu di perkotaan maupun di daerah yang jauh dari perkotaan. Sebagai contoh operator Smartfren yang telah mengklaim jaringan 4G LTE Advanced sudah mencakup lebih dari 200 kota diseluruh Indonesia, namun masih banyak dikalangan masyarakat mengeluhkan sinyal yang tak stabil pada perangkat yang dipakai.

Apabila kamu sedang mengalami koneksi 4G LTE yang tak stabil pada handphone android mu. Admin akan membagikan tips ke kamu supaya koneksi jaringan 4G LTE kamu dapat stabil. Namun sebelum itu pastikan kamu sudah memenuhi kriteria dan syarat berikut ini agar sinyal jaringan 4G LTE dapat stabil.

  1. Pastikan smartphone android kamu benar-benar sudah mendukung jaringan 4G LTE dan perhatikan frekuensi jaringannya
  2. Pastikan daerah yang kamu tinggal sudah tercover jaringan 4G LTE dari operator seluler
  3. Pastikan SIM Card kamu suda mendukung jaringan 4G LTE, kalau belum kamu tinggal migrasikan saja sesuai ketentuan operator masing-masing.
Nah, bila 3 persyaratan di atas sudah terpenuhi, namun sinyal 4G LTE pada smartphone kamu tak stabil bahkan sinyal lebih kuat di jaringan 3G LTE. Maka kamu perlu melakukan tips cara menstabilkan sinyal 4G LTE pada android. Perlu diingat bahwa tips ini bukan sebagai penguat sinyal melainkan bertujuan menstabilkan sinyal yang ditangkap oleh Smartphone Android. Smartphone-smartphone saat ini biasanya sudah terdapat menu khusus untuk mengatur sinyal seperti di dalam menu setting. Namun ada beberapa smartphone android menyembunyikan pengaturan sinyal ini, maka untuk menuju ke pengaturannya lakukanlah beberapa langkah berikut ini :
  1. Silahkan hidupkan smartphone Android kamu, dan lakukan dial up atau panggilan dengan menekan *#*#4636#*#*
  2. Begitu menekan dial up di atas maka secara otomatis akan dibawa ke menu informasi berupa Informasi telepon, Informasi baterai, Statistik penggunaan, Wi-Fi informasi (dalam bahasa Indonesia)
  3. Langkah berikutnya tekan menu “Informasi telepon” , pada menu ini akan menampikan informasi mengenai IMEI, Nomer telepon, Jaringan terkini dan koneksi sinyal dalam smartphone Android kamu. Termasuk menampilkan informasi seberapa kuat sinyal, lokasi, informasi koneksi data internet dan lain sebagainya.
  4. Untuk melakukan pengujian koneksi sinyal silahkan kamu lakukan “Uji perjalan ping” atau “run ping tes”, untuk mengganti koneksi jaringan dari “preffered” menjadi “only” pilih menu “set preferred network type”. Pada menuh tersebut terdapat pilih jaringan mulai dari WCDMA preferred, GSM Only (Edge, GPRS), WCDMA only (HSDPA,HSDPA+,3G), Global, LTE Only dan lain sebagainya. Dalam hal ini kamu ingin menstabilkan jaringan 4G LTE pada Smartphone, maka pilihan menu jaringan yang harus dipilih adalah “LTE Only”. Settingan jaringan “LTE Only” Smartphone kamu akan berusaha agar sinyal yang diperoleh tetap berada di jaringan 4G LTE sesuai dengan operator seluler yang kamu gunakan.
  5. Pilihan “LTE Only” sudah dipilih, lakukan Refresh dan tunggu beberapa saat maka jaringan akan diatur ulang dan akan berada di mode “LTE Only”. Perlu diingat bahwa selama Smartphone berada di mode tersebut maka kamu tidak akan bisa menerima dan melakukan panggilan telepon maupun SMS.

Nah, mudah bukan cara menstabilkan koneksi jaringan 4G LTE pada Android. Perlu admin ingatkan bahwa selalu perhatikan bahwa bila kamu berada di lokasi dengan koneksi jaringan 4G LTE maupun HSDPA-3G yang bagus, sebaiknya gunakan setinggan LTE only atau WCDMA only. Namun, apabila sinyal sangat lemah bahkan hanya mencover jaringan EDGE-GPRS maka setting jaringan pada GSM only.

Jangan lakukan pemaksaan terhadap smartphone kamu untuk berada dijaringan yang kamu inginkan, sedangkan coverage sinyal yang ada di sekitarmu sangat minim. Selalu sesuaikan settingan sinyal smartphonemu pada daerah kamu berada. Apabila tetap memaksa, maka kamu akan kehilangan sinyal yang kamu inginkan. Sebagai acuan berikut adalah setting jaringan yang dapat dijadikan pedoman (4G LTE ke HSDPA atau ke Edge ke HSDPA-3G/ sebaliknya).

Pengaturan setting jaringan di atas secara manual akan memberikan dampak yang signifikan untuk membuat koneksi jaringan lebih stabil, seperti hanya berjalan di jaringan 4G LTE ataupun pada jaringan HSDPA-3G saja ataupun hanya di jaringan EDGE saja. Settingan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Keuntungan lainnya adalah dapat menghemat baterai dan mengurangi panas karena system android tidak harus terus menerus mencari koneksi sinyal terbaik.  Jangan lupa baca juga Inilah Cara Sederhana Memperkuat Sinyal Smartfren 4G LTE pada MIFI Andromax

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *