Kumpulan Info Modem & Paket Internet Terbaru

Atasi Tarif Internet di Indonesia Timur Mahal ! Apakah Pemerintah Sudah “Subsidi” Paket Internet ???


Situs-Modem.Com –  Seperti kita ketahui bersama dulu pelanggan Telkomsel yang tinggal di wilayah Indonesia Imur tepatnya di Papua mengeluhkan soal perbedaan tarif internet yang menggunakan system zona sehingga daerah yang termasuk wilayah Indonesia Timur harus merasakan tariff internet mahal terutama tariff internet dari Telkomsel dan ditanggapi para netizen hingga pemerintah pun bergerak aktif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun nyatanya hingga kini tarif Internet Telkomse antara Indonesia Barat khususnya yang berada di Pulau Jawa dengan kawasan wilayah Indonesia Timur masih jelas perbedaannya dan masih mahal.

Baca juga : Tarif Internet Per Zona Yang Diterapkan Telkomsel Menuai Protes Netter

Atasi Tarif Internet di Indonesia Timur Mahal ! Apakah Pemerintah Sudah “Subsidi” Paket Internet ???

Dilansari di situs CNNIndoneisa yang mengutik ucapan Ririek yang sedang berbincang dengan sejumlah media di Ambon dan Maluku mengatakan bahwa banyak hal yang menentukan tarif internet, salah satunya adalah masalah cost yang dikeluarkan operator untuk satu wilayah saja. Di Indonesia Timur, jaringan yang dibangun masih mengandalkan satelit sehingga menyebabkan cost yang harus dikeluarkan mahal.

Telkomsel menyadari Tarif Telkomsel di Indonesia Timur mahal, namun kita sudah melakukan segala upaya agar tarif tidak terlampau jauh berbedaannya. Hingga kini kita sangat sulit jika harus memenuhi tuntutan pelanggannya agar taruf bisa flat atau sama dengan Indonesia Timur seperti halnya bahan bakar minyak (BBM).

Kenapa bahan bakar minyak di Indonesia Timur kini sudah bisa dijual dengan harga yang sama dengan Indonesia bagian barat karena dimonopoli oleh satu perusahaan dan telah mendapatkan subsidi dari Pemerintah,sedangkan industri Telekomunikasi ini bukan dimonopoli oleh satu perusaan dan tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Ke depan kemungkinan tarif internet akan semakin murah seiring dengan mulai didorongnya pembangunan jaringan kabel laut, namun hal itu tak lantas membuat tarif internet jadi semakin murah karena prosentase penurunannya nanti tidak terlalu signifikan.

Perlu diketahui bahwa tarif internet di Indonesia di bandingkan Negara lain, masuk urutan ke tiga dengan tarif termurah.  Termasuk, bila komponen tarif dikombinasikan dengan daya beli suatu negara, Ririek bilang Indonesia masih termurah.

“Di dunia ini pabrikan perangkat telekomunikasi hanya lima, dan itu-itu saja. Itukan memengaruhi dari segi komponen cost. Tapi sebetulnya, tarif murah itu bisa jadi bumerang,” katanya.

Baca juga : Tarif Internet Telkomsel Sudah di Turunkan, Tapi Masih Mahal

Ririek selaku CEO Telkomsel mengatakan bahwa bila perusahaan keseringan memberikan promo tarif murah, maka jelas tidak bisa meraih keuntungan (untung sedikit) yang bisa menyebabkan terjadinya unsustable. Bisa-bisa nantinya bila tak menguntungkan akan ditinggalkan.

Pemerintah perlu memahami, karena ke depan akan tidak baik apabila terus mengumbar tarif murah, sehingga perlu adanya edukasi bukan tarif turun, namun dari sisi biaya seperti yang sudah dijelaskan tadi. Pemerintah bisa mengurangi pungutan atau memberikan insentif. Dengan begitu tarif bisa menjadi turun. Namun pemerintah perlu berpikir bahwa ekonomi akan mengalami kenaikan, maka pemasukan dari sector lain akan tumbuh dan itu yang perlu ditekankan. Jangan lupa baca juga : Asik Daerah Yang Ada Jaringan Smartfren (1X dan EVDO) Bakal Rasakan Internet 4G LTE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *