Era Internet Fiber Optik di Indonesia Makin Meluas, Apa Saja Keunggulannya ?

Situs-Modem.Com – Perkembangan teknologi komunikasi khususnya akses internet berbasis kabel tak mau ketinggalan dengan para perusahaan penyedia layanan internet nirkabel yang menawarkan akses internet stabil dan cepat melalui jaringan 4G LTE mereka. Perusahaan internet berbasis kabel pun juga telah mengupgrade teknologi internetnya yang dulu menggunakan kabel tembaga, kini sudah menerapkan sistem internet fiber optik yang akan memberikan pengalaman internet yang stabil dan cepat.

Salah satu perusahaan jasa internet yang memasang kabel fiber otpik - gambar via aceh.ribunnews.com


Sebenarnya, teknologi internet fiber optik ini sudah ada sejak 2015 dimana Telkom Indonesia tercatat sebagai pelopor internet berbasis fiber optik yang hingga kini sudah menjangkau di hampir 160 kota di Indonesia yang terbagi atas 60 kota besar dan 100 kota lainnya.

Baca juga : Inilah Daftar Harga Paket Unlimited Tri Terbaru Sistem Ala WIFI ID

Tak ingin layanan internet berbasis fiber optik ini hanya dimainkan oleh Telkom Indonesia lewat brand Indihome, sejumlah perusahaan penyedia layanan internet juga ikut menggunakan teknologi fiber optik yang mengcover di kota-kota besar di Indonesia. Salah satu perusahaan GSM yang juga melebarkan sayapnya dengan menyediakan jaringan fiber optik diantaranya ada Indosat Ooredoo yang menawarkan internet GIG Ooredoo, XL Axiata dengan layanan internet Home Fiber Broadband.

Lantas apa itu Internet Fiber Optik ? Internet fiber optik merupakan kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan ukurannya sangat kecil jika dibandingkan dengan kabel pada umumnya. Teknologi ini sangat memungkinkan untuk menyalurkan sinyal hanya dengan cahaya dari satu tempat ke tempat lainnya. Cahaya tersebut menggunakan sumber laser atau LED. Tiap helai fiber optik ini memiliki ukuran lebih kurang 120 mm.

Di dunia telekomunikasi, kabel fiber optik digunakan untuk mentransfer data layaknya kabel UTP pada sistem jaringan komputer. Meskipun ukuran tiap helai kabel fiber optik sangat kecil, namun mampu mentransfer data lebih cepat dibandingkan kabel pada umumnya. Terlebih kabel fiber optik mampu menjangkau jarak yang lebih jauh.

Teknologi fiber optik ini menjadi pilihan yang digunakan perusahaan penyedia layanan internet untuk digunakan, karena sudah terbukti dalam mentranfer data paling efektif, memiliki tingkat loss data dan gangguan yang sangat minim, serta memiliki bandwith yang besar.

Keunggulan dan Kekurangan Internet Fiber Optik dapat di lihat pada tabel di bawah ini :


Nah, sekarang sudah tahu kan internet fiber optik itu seperti apa ? di lain kesempatan saya akan membahas perusahaan mana saja yang menyediakan akses internet berbasis fiber optik ini, sehingga nanti kamu bisa memilih perusahaan mana yang bisa kamu andalkan untuk kebutuhan internet kamu di rumah. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya mengenai 3 Alasan Kenapa Situs Telegram di Blokir Pemerintah ?

Popular Post

User Online