Advertisement
Advertisement
Situs-Modem.Com – Bagi yang mengikuti perkembangan teknologi utamanya perkembangan smartphone pasti sudah mengetahui jika Smartfren telah meluncurkan Smartphone 4G LTE dalam suatu acara di Jakarta pada tanggal 9 Juni 2015. Perlu diketahui bahwa jaringan Smartfren 4G LTE belum diluncurkan secara komersil dan masih dalam tahap uji coba saja. Lantas kenapa kok sudah meluncurkan Smartphone berteknologi 4G segala.

Di artikel ini saya tidak akan membahas hal tersebut melainkan membahas masalah jaringan 4G Smartfren yang rencananya akan mulai dikomersilkan pada semester ke dua. Ya Smartfren menjanjikan semua wilayah atau daerah yang sudah tercover atau terjangkau jaringan Smartfren seperti jaringan 1X maupun EVDO bakalan tercover jaringan baru 4G Smartfren. Seperti diketahui bahwa Smartfren telah memiliki 6000 BTS di seluruh Indonesia.

Baca juga Harga Paket Smartfren Terlengkap Dan Cara Daftarnya

jangkauan sinyal smartfren 4G LTE


Dilansir dari portal detikcom meski memiliki 6000 BTS Smartfren mengklaim bahwa jangkauan dan kapasitasnya sama dengan tiga kalinya GSM, atau bisa dibilang setara 18.000 BTS 3G.

Pernyataan di atas sepertinya iya juga ya, soalnya di daerah saya saja yang jaraknya gak jauh-jauh amat dari kota Purworejo yang jaraknya kurang lebih 15 Km aja gak dapat sinyal 3G dari operator GSM manapun, sedangkan Smartfren di desa saya sangat wusssss..

Baca juga Ketahui Perbedaan Paket Internet Smartfren Volume Based Dan Connex Evo

Smartfren Bakal Menerapkan Teknologi TDD dan FDD di Jaringan 4G LTE Terbaru

Agar jaringan 4G LTE Smartfren bisa menjangkau seluruh wilayah yang sudah tercover jaringan Smartfren (1X dan EVDO), Smartfren akan menerapkan teknologi TDD dan FDD. TDD merupakan teknologi berkecepatan tinggi yang akan diterapkan di frekuensi 2,3 GHz, sedangkan FDD akan diterapkan pada frekuensi yang lebih rendah yakni frekuensi 850 MHz (bisa juga disebut frekuensi 800 MHz) yang digunakan sinyal 1X. Kelebihan teknologi FDD dibandingkan TDD nantinya coverage atau jangkauannya yang lebih luas, diharapkan daerah-daerah pelosok bisa menikmati layanan 4G LTE dari Smartfren. Jadi gak cuma di perkotaan saja yang bisa menikmati layanan internet berbasis 4G LTE, di pelosok pun juga bisa merasakan.

Oke, Kita tunggu saja perkembangannya nanti, semoga apa yang dijanjikan dapat direalisasikan, sehingga bagi rekan-rekan netters yang tinggal di pelosok bisa merasakan internetan dijaringan 4G LTE Smartfren.

Jangan Lupa Baca Juga Hufff Paket Unlimited Smartfren Makin Mahal Aja

Advertisement

Post a Comment

6 komentar:

  1. Nek ngecek jaringan 4g lte pake 850 atau 2300mhz pake opo gan?
    Kbtulan rumah dkt kecamatan purworejo..
    Pengen tuku antena grid (800 karo 2300 bedo tipene )gen makin wuzz mifi m2p nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wilayah Purworejo belum ada jaringan 4G Smartfren gan, jadi kalo mau ngecek ya pastinya nihil hasilnya. Sabar aja pasti 4G LTE Smartfren mampir di purworejo, kita berdoa saja,

      Delete
  2. Gan Pencerahan dong, Bila saya mau beli modem MIFI M2P dan di area belum ada jaringan 4G, apakah modem tersebut dapat berfungsi dan jaringan stabil ?

    Thx yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo make modem Mifi M2P harus berada di jaringan 4G Smartfren gan, kalo wilayah agan belum tercover ya pastinya modem tdk bisa digunakan sebab modem M2P hanya berjalan di jaringan 4G LTE...

      Delete
  3. Gan, mau nanya nih, kalo di daerah yg sudah Ada jaringan smartfren, apakah sudah pasti bisa 4G? Coz di daerah saya jaringan smartfren bagus, tpi blm pernah Nyoba yg 4g, rencana mau beli modem. Mash cari refrensi. Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerahnya harus benar2 sudah terkover jaringan 4G LTE, kalo baru sekedar jaringan smartfren (EVDO A or B) jelas tidak bisa 4G gan... tinggal di daerah mana kamu ?

      Delete

Demi kenyamanan bersama komentar masuk akan di modernisasi dulu

 
Top